Bosan di Kantor? Bebaskan Pikiran Anda

Minggu, 02 Oktober 2011
Kesibukan dan rutinitas pekerjaan yang menjerat memang tak urung membuat anda jenuh, bosan dan lelah. Tahukah anda apa yang anda butuhkan jika anda mengalaminya?

Menurut pakar psikologi, jika anda jenuh, yang anda butuhkan bukan hanya pembebasan fisik dari rutinitas, tetapi juga pembebasan pikiran. Karena pembebasan fisik tanpa pembebasan pikiran tidak akan membantu menyelesaikan rasa jenuh dan bosan anda.

Contohnya ada kasus dimana seseorang tidak berhasil mengatasi rasa jenuhnya meskipun ia telah berusaha mengambil cuti dan berlibur ke luar kota. Kenapa? Ternyata meski secara fisik ia sedang melakukan refreshing tetapi pikirannya selalu melayang pada tugas dan pekerjaannya di kantor. Sehingga ia justru semakin dibebani oleh rasa jenuh dan stress.

Mungkin jika anda bisa mengambil cuti dan berlibur ke luar kota, rasa jenuh anda secara fisik memang akan berkurang. Tetapi bagaimana jika kesibukan anda dalam satu hari di kantor benar-benar membuat anda jenuh bahkan sampaimembuat anda sakit kepala? Tentu anda tidak bisa begitu saja melarikan diridari tugas-tugas anda kan? Tapi jangan takut, jika anda mengalami jenuh akibat pekerjaan di kantor, cobalah hal-hal berikut ini:

* Di sela-sela pekerjaan, cobalah untuk beranjak sebentar dari meja kerja anda menuju jendela. Lihatlah semua pemandangan di luar kaca jendela.Pusatkan pikiran anda pada apa yang anda lihat dan lupakan beban pekerjaan sejenak. Ciptakan sensasi pada apa yang anda lihat, misalnya pada kendaraan dan orang yang lalu lalang, pepohonan hijau, atau pada petugas parkir yang mengatur arus keluar masuk kendaraan

* Kalau tidak mungkin beranjak dari meja kerja anda, alihkan pikiran anda pada hal-hal yang menyenangkan. Misalnya dengan membayangkan makanan kesukaan anda. Atau bayangkanlah anda sedang berada di pantai atau gunung yang sejuk bersama orang-orang yang menyenangkan.

* Kalau waktunya lebih memungkinkan keluarlah dari kantor anda sejenak dan kunjungi mal terdekat. Jangan biarkan pikiran anda melayang pada tugas-tugas di kantor. Lihatlah produk-produk yang menarik perhatian anda. Setelah anda puas, kembalilah ke kantor. Tentu saja anda harus bisa memperkirakan waktu yang pas saat berada di luar kantor.

Tentu saja cara seseorang untuk mengatasi rasa bosannya sangat individual.Dan cara-cara di atas bukan patokan mutlak untuk mengurangi rasa jenuh dikantor. Ingat, dalam mengatasi rasa jenuh, yang lebih penting adalah bebaskan "pikiran" anda dari rutinitas.

Dan patut anda perhatikan, jangan menganggap rasa bosan dan jenuh sebagai hal yang negatif. Justru anda merupakan orang-orang yang beruntung jika masih bisa merasakan bosan dalam hidup anda. Karena kebosanan membuat anda memiliki kekuatan untuk menarik diri dari rutinitas. Sehingga dampaknya anda akan terhindar dari penyakit mental yang ditimbulkan akibat rutinitas. Dan orang-orang yang tidak pernah merasa bosan dalam hidupnya adalah orang-orang yang sudah tidak normal lagi.

0 komentar:

Posting Komentar